Friday, July 20, 2018

Pembahasan Lengkap Mengenai Intent Android Studio

Pembahasan Lengkap Mengenai Intent Android Studio
Pembahasan Lengkap Mengenai Intent Android Studio - Dalam bahasa pemrograman website (HTML) biasanya kita sering melihat proses perpindahan halaman ke halaman lain, seperti dari Beranda terdapat tombol Tentang dan jika klik tombol Tentang maka Halaman akan pindah ke Halaman Tentang dengan alamat yang berbeda tentunya. Dalam HTML proses perpindahan halaman dapat diimplementasikan menggunakan tag <a href='url-target'></a> sebagai Pintu, Jembatan atau Portalnya, lalu bagaimana jika proses perpindahan halaman dilakukan di Bahasa Pemrograman Java Android khususnya yang akan saya coba kali ini saya akan mencoba menerapakannya di Android Studio.

Apa Itu Intent Dalam Android Studio

Intent dalam Bahasa Indonesia dapat dimaksudkan "Yang mengarahkan perhatian Kepada", jika saya simpulkan lebih ringkas maka dapat diartikan "Mengarah". Jadi Intent dapat didefinisikan sebagai "Jembatan" untuk proses perpindahan dari Activity yang mengarah ke Activity lain atau Berbeda. Misalkan pada activity_main.xml terdapat tombol MASUK, tombol tersebut ketika diklik maka akan pindah ke halaman activity_masuk.xml.
Dalam bahasa pemrograman java android, Intent dibagi menjadi 2 diantaranya :

  • Intent Eksplisit
  • Intent Implisit
Keduanya sama-sama proses melakukan perpindahan halaman atau aktifitas hanya saja tipe targetnya berbeda, untuk lebih lanjut saya akan bahas satu-persatu dari 2 jenis intent.

Intent Eksplisit

Intent Eksplisit adalah proses perpindahan aktivitas yang mana aktivitas yang akan dibuka dan diproses adalah aktivitas lain yang ada dalam suatu projek. Biasanya aktivitas utama ke aktivitas lain mengirim suatu variabel yang hanya dapat diolah oleh komponen aktivitas tersebut seperti tipe data teks biasa.
Intent Eksplisit

Intent Implisit

Intent Implisit adalah proses perpindahan aktivitas yang mana aktivitas yang akan dibuka dan diproses adalah aktivitas pada aplikasi yang berbeda bukan dari aktivitas yang ada dalam suatu projek. Biasanya aktivitas utama ke aktivitas lain mengirim suatu variabel yang dapat diolah sebagai URL(Browser Apps), Koordinat Lokasi Pada Peta(Maps Apps), Fungsi Share(Share Feature on Apps), dll.
Intent Implisit


Sekian artikel Pembahasan Lengkap Mengenai Intent Android Studio, semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan. Jangan lupa Share juga artikel ini, sehingga teman-teman kamu dapat menerima informasi dari artikel ini dan jangan lupa juga untuk komentar mengenai artikel ini. Terima kasih

Sekian artikel Pembahasan Lengkap Mengenai Intent Android Studio, semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan. Jangan lupa Share juga artikel ini, sehingga teman-teman kamu dapat menerima informasi dari artikel ini dan jangan lupa juga untuk komentar mengenai artikel ini. Terima kasih~ XD

Kebijakan Berkomentar

Mohon untuk membaca peraturan Kebijakan Komentar sebelum berkomentar. Kamu harus menggunakan Akun Facebook untuk berkomentar disini.
Buka Kolom Komentar

Berlangganan Melalui Email